• gambar
  • gambar
  • gbanner3

Selamat Datang di Website SMP NEGERI 3 DEMPET. Terima Kasih Kunjungannya

Pencarian

Kontak Kami


SMP NEGERI 3 DEMPET

NPSN : 20210743

Desa Sidomulyo KM.8 Kec.Dempet Demak


info@smpn3dempet.sch.id

TLP : 0265656565


          

Banner

Jajak Pendapat

Bagaimana pendapat anda mengenai web sekolah kami ?
Sangat bagus
Bagus
Kurang Bagus
  Lihat

Statistik


Total Hits : 156351
Pengunjung : 31103
Hari ini : 36
Hits hari ini : 51
Member Online : 0
IP : 3.234.244.181
Proxy : -
Browser : Opera Mini

Status Member

Pembinaan Gerakan Peduli dan Berbudaya Lingkungan Hidup di Sekolah




Pusat Latihan Masyarakat dan Pengembangan Generasi Lingkungan Kementrian LHK mengadakan pembinaan Gerakan Berbudaya Lingkungan Hidup di Sekolah (GPBLHS) di Dinas LHK DIY pada hari jumat, 20 Desember 2019. Pembinaan ini dihadiri oleh Seksi Pengembangan Kapasitas LH, DLHK DIY, perwakilan Dinas LH, Dinas Pendidikan Kota/Kabupaten se-DIY, dan Dinas LH Jawa Tengah antara lain DLH Kota Magelang, DLH Kabupaten Magelang dan DLH Kota Purworejo serta Kanwil Kementrian Agama Yogyakarta. Bertindak sebagai narasumber yaitu Kepala Puslatmas & PGL Cicilia Sulatri, S.H., M.Si dan Kabid Pengembangan Generasi Lingkungan Dra. Asri Tresnawati.

Pembinaan ini mensosialisasikan program Gerakan Peduli dan Berbudaya Lingkungan Hidup di Sekolah (GPBLHS) sesuai Permen LHK No. 52 tahun 2019 tentang Gerakan Peduli dan Berbudaya Lingkungan Hidup di Sekolah. Program GPBLHS sendiri adalah aksi kolektif secara sadar, sukarela, berjejaring dan berkelanjutan yang dilakukan oleh sekolah dalam menerapkan perilaku ramah lingkungan hidup. Gerakan PBLHS ini bertujuan untuk mewujudkan perilaku warga sekolah yang bertanggung jawab dalam upaya pelestarian lingkungan hidup dan juga bertujuan untuk meningkatkan kualitas lingkungan hidup serta merupakan suatu upaya dalam mendukung ketahanan bencana warga sekolah.

 

GPBLHS ini nantinya akan diintegrasikan dengan program Adiwiyata. Adiwiyata adalah penghargaan yang diberikan oleh pemerintah, pemerintah daerah/provinsi atau dan pemerintah kabupaten/kota kepada sekolah yang berhasil melaksanakan GPBLHS. Gerakan PBLHS ini dilakukan dalam jenjang sekolah dasar hingga sekolah menengah/sederajat yang meliputi perencanaan, pelaksanaan dan pemantauan dan evaluasi pelaksanaan Gerakan PBLHS yang disusun berdasarkan Evaluasi Diri Sekolah (EDS) dan juga Identifikasi Potensi dan Masalah Lingkungan Hidup (IPMLH). Pemantauan Gerakan PBLHS dilakukan satu kali dalam satu tahun dan hasil pemantauan dan evaluasi tersebut menjadi salah satu bahan untuk menyusun EDS.

Kriteria sekolah Adiwiyata mencakup 3 komponen berdasarkan Permen 53 tahun 2019 tentang penghargaan Adiwiyata yaitu meliputi perencanaan gerakan PBLHS, pelaksanaan dan pemantauan dan evaluasi pelaksanaan GPBLHS. Penilaian Adiwiyata pada tahun 2020 untuk sekolah yang akan meju tingkat Kabupaten/Kota minimal memiliki nilai 70, sedangkan untuk maju tingkat provinsi minimal memiliki nilai 80, untuk tingkat Nasional minimal bernilai 90 dan untuk tingkat Mandiri minimal memiliki nilai 95.

Peni Yulianto, S.T




Share This Post To :

Kembali ke Atas

Artikel Lainnya :




Silahkan Isi Komentar dari tulisan artikel diatas :

Nama :

E-mail :

Komentar :

          

Kode :


 

Komentar :

Pengirim : dessy agustini -  [dessy.agustini@gmail.com]  Tanggal : 28/03/2024
artikel sangat menarik dan saya ingin melihat artikel tersebut


   Kembali ke Atas